Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Pj Wako Zefnihan Ajak Pemuda Sawahlunto Teladani Muhammad Yamin

Pj Wako Sawahlunto Zefnihan bersama Forkopimda ziarah ke makam Muhammad Yamin, usai upacara bendera peringatan Hari Sumpah Pemuda. (Foto: RIKI YUHERMAN/SumbarFokus.com)

SAWAHLUNTO (SumbarFokus)

Mengenang perjuangan pemuda dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda, yang jatuh pada tanggal 28 Oktober setiap tahunnya, Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto berserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melakukan ziarah ke makam pahlawan Nasional Profesor DR Muhammad Yamin di Talawi, Sabtu (28/10/2023), usai pelaksanaan upacara bendera di Lapangan Sepakbola Talawi.

Bacaan Lainnya

Muhammad Yamin, disebut, memiliki peran penting akan lahirnya Sumpah Pemuda, yang mengusulkan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Persatuan di dalam ikrar Sumpah Pemuda.

Pj Wako Zefnihan mengajak pemuda dan pemudi Sawahlunto untuk meneladani pahlawan nasional Muhammad Yamin sebagai salah satu tokoh penting dalam tercetusnya Ikrar Sumpah Pemuda 20 Oktober 1928.

“Sejarah mencatat jejak kegigihan perjuangan Muhammad Yamin dalam menyatukan semangat pemuda yang akhirnya tumbuh sebagai kekuatan besar dalam melepaskan bangsa ini dari belenggu penjajah,” ujar dia.

Sementara, membacakan pidato Mentri Pemuda dan Olahraga RI, Pj Zefnihan menyampaikan, peringatan ini momentum mengingatkan bangsa Indonesia akan semangat gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menggelorakan semangat patriotisme sekaligus menyatukan pemuda dan bertanah air, berbangsa satu dan menjunjung bahasa persatua berbahasa Indonesia.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini, yang ke-95 tahun, mengusung tema _Bersama Majukan Indonesia_, dan Zefnihan mengajak seluruh elemen bangsa untuk bersatu dan berkolaborasi dalam memajukan Indonesia.

Masih membacakan pidato menteri, logo hari Sumpah Pemuda ke-95 berbentuk stilasi barisan manusia yang warna-warni, bermakna bahwa Indonesia merupakan bangsa yang majemuk, terdiri dari berbagai suku, bahasa, dan budaya.

“Namun perbedaan tersebut tidak menjadi penghalang untuk bersatu dan berkolaborasi dalam memajukan bangsa,” sebut Zefnihan. (025)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait