Perluas Mitra MBKM, Direktorat Akademik UNP Jalin Kerja Sama dengan Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek RI

Perluas Mitra MBKM, Direktorat Akademik UNP Jalin Kerja Sama dengan Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek RI. (Foto: UNP/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi akan menyelenggarakan Program Magang Bersertifikat Kebudayaan (MBK) Tahun 2024 dengan tema “Percepatan Pendataan Cagar Budaya, Objek Pemajuan Kebudayaan, dan Koleksi Museum”.

Bacaan Lainnya

Guna memperluas akses program tersebut bagi mahasiswa, Direktorat Akademik UNP yang dimotori oleh Subdit Inovasi Pembelajaran dan MBKM menjalin kerja sama dengan Direktorat Jenderal Kebudayaan.  Dalam program MBKM ini, peserta akan ditempatkan di 23 wilayah kerja Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) serta Museum dan Cagar Budaya (MCB).

Menindaklanjuti hal tersebut, tim Direktorat Jenderal Kebudayaan melakukan sosialisasi ke Universitas Negeri Padang, Selasa (21/5/2024).

Direktur Akademik UNP Prof. Dr. Remon Lapisa, M.Sc dalam sambutan di awal acara menyampaikan terima kasih kepada direktorat jenderal kebudayaan yang sudah menggandeng UNP sebagai mitra Magang Bersertifikat Kebudayaan. Lebih lanjut dijelaskan bahwa UNP mendukung penuh program MBKM Flagship karena memberikan banyak manfaat kepada mahasiswa berupa penajaman dan perluasan kompetensi serta peluang menambah jejaring di Indonesia.

Kepala subdit Inovasi Pembelajaran dan MBKM UNP, Dr. Nofrion, M. Pd yang memandu jalannya sosialisasi memaparkan bahwa minat mahasiswa UNP mengikuti MSIB meningkat setiap tahunnya secara signifikan. Pada tahun 2023, jumlah mahasiswa UNP yang lolos program MSIB sebanyak 149 orang sedangkan pada tahun 2022 hanya 50 orang.

Kegiatan yang berlangsung di ruang rapat SPI lantai 3 Rektorat UNP tersebut dihadiri oleh Wakil Dekan 1 FBS dan FIS serta koordinator program studi potensial dengan bidang magang yang ditawarkan yaitu sebagai asisten pendataan cagar budaya dan objek pemajuan kebudayaan dan asisten pendataan koleksi museum. (000/unp)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait