Persiapan Pemilu 2024, Bawaslu Padang Panjang Gelar Pelatihan Saksi Partai Politik

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Padang Panjang gelar Pelatihan Saksi Partai Politik se-Kota Padang Panjang di Auditorium Mifan Waterpark, Selasa (26/12/2023). (Foto: Pemko Padang Panjang/sumbarfokus.com)

PADANG PANJANG (SumbarFokus.com)

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Padang Panjang gelar Pelatihan Saksi Partai Politik se-Kota Padang Panjang di Auditorium Mifan Waterpark, Selasa (26/12/2023).

Bacaan Lainnya
KPU Provinsi Sumatera Barat

Ketua Bawaslu Padang Panjang Hidayatul Fajri saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, pentingnya parpol menyiapkan saksi di tiap tempat pemungutan suara (TPS) dalam Pemilu 2024.

Fajri menyebutkan, kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan UU Nomor 7 Tahun 2017 Pasal 351 Ayat 8, di mana saksi peserta Pemilu dilatih Bawaslu.

“Kegiatan ini dimaksudkan agar para saksi memiliki pemahaman dalam setiap tahap proses pemungutan suara. Sehingga dapat memperkuat kesiapan saksi peserta Pemilu agar memiliki keterampilan teknis mengatasi potensi pelanggaran di TPS,” katanya.

Ditambahkannya, para saksi parpol diminta untuk tidak hanya hadir saat pencoblosan saja. Namun harus ikut mengawasi karena tugas ini bukan hanya tanggung jawab Bawaslu semata, namun juga para saksi.

“Kegiatan ini diikuti sebanyak 110 peserta dari 15 parpol, Forkopimda dan Panwascam se-Kota Padang Panjang,” tambahnya.

Ia menyatakan, semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini, akan meningkatkan kapasitas saksi peserta pemilu, yang juga bertugas menjamin agar pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara berlangsung secara jujur dan adil. (000/ril)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait