Rabu Ini, Muhammadiyah Sawahlunto Gelar Salat Iduladha 1444 H di Sejumlah Lokasi

Warga Muhammadiyah Sawahlunto gelar Salat Iduladha 1444 H hari ini di Lapseg Ombilin, Rabu (28/6/2023). (Foto: RIKI YUHERMAN/sumbarfokus.com)

SAWAHLUNTO (SumbarFokus)

Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kota Sawahlunto memusatkan pelaksanaan Salat Iduladha 1444 H/2023 di Lapangan Segitiga Ombilin , Rabu (28/6/2023).

Bacaan Lainnya

Selain itu juga, pelaksanaan shalat Iduladha tersebar di tujuh titik di tiga Kecamatan, yakni di Masjid Raya Silungkang, Surau Tapi Aie, Pasar Silungkang, Mushalla Al Muhsinin, Muaro Kalaban, Lapangan Bola Kaki Talawi, Mushala Tabek Jaya Talawi, dan Mushalla Al Muhajirin Perumnas Talawi.

Wakil PD Muhammadiyah Sawahlunto Afdhal menyebut, meski terjadi perbedaan dalam pelaksanaan Salat iduladha tahun ini, diharapkan menjadi penguat dan memperkuat persatuan dikehidupan masyarakat dan juga beragama.

“Intinya perbedaan penetapan Iduladha itu memberikan konsekuensi ibadah yang harus dilaksanakan, sebab ada rangkaian ibadah dalam merayakan Iduladha yakni shmalat, kurban, dan puasa,” sebutnya.

Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti dalam sambutannya mengajak masyarakat untuk memaknai Iduladha dengan lebih meningkatkan kepedulian terhadap sesama dan bisa lebih rendah hati.

“Idul Adha pada setiap sepuluh Dzulhijah juga dikenal dengan Hari Raya Haji, di mana kaum muslimin termasuk 65 jamaah asal Sawahlunto sedang menunaikan rukun haji utama, yakni wukuf di Arafah. Mereka semua memakai pakaian serba putih dan tidak berjahit atau pakaian ikhram melambangkan kebersamaan akidah dan pandangan hidup, mempunyai tatanan nilai, yaitu nilai persamaan dan semua segi kehidupan. Tidak dapat dibedakan antara mereka, semuanya sederajat, sama sama mendekatkan diri kepada Allah,” sebutnya.

Sementara, Khatib Salat Id, Supar, mengajak jemaah untuk bersungguh-sungguh dalam beribadah. Bersungguh-sungguh berniat untuk berhaji, berkurban, dan melakukan semua ibadah wajib maupun sunat. (025)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait