Rekapitulasi Suara Tingkat Sumbar Tuntas, Paslon 1 Terbanyak

Ilustrasi masa Pemilu 2024. (Foto: YEYEN/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Rapat Pleno Perolehan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak tahun 2024 tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar selesai, Minggu (10/3/2024). Dimulai sejak Minggu (3/3/2024), target penuntasan molor dari tiga hari menjadi tujuh hari, dipenuhi dinamikan yang terjadi sepanjang proses rekapitulasi.

Bacaan Lainnya

Dari hasil rekapitulasi, diketahui pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar unggul. Paslon ini diusung Nasdem, PKB, PKS, dan Partai Ummat. Anis-Muhaimim meraih 1.744.042 suara atau 56,53 persen, dari total jumlah suara di Sumbar.

Posisi kedua dicapai oleh paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, yang meraih 1.217.314 suara atau 39,45 persen. Kemudian, paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD meraih 123.044 suara atau 4,02 persen.

“Hari ini kita sudah selesai melaksanakan pleno rekapitulasi penghitungan suara. Awalnya kita rencanakan 3 hari, namun karena dinamika rekapitulasi yang membutuhkan penambahan waktu akhirnya bisa diselesaikan hari ini,” kata Ketua KPU Sumbar Surya Efitrimen, Minggu itu, usah pleno.

Berdasarkan hasil rekapitulasi itu, diketahui, Anies-Muhaimin unggul di 14 kabupaten dan kota, yaitu Padang, Padang Pariaman, Kota Pariaman, Padang Panjang, Agam, Bukittinggi, Tanah Datar, Limapuluh Kota, Payakumbuh, Kabupaten Solok, Kota Solok, Pasaman, Pasaman Barat dan Sawahlunto.

Sementara, Prabowo-Gibran menang di Dharmasraya, Pesisir Selatan, Sijunjung, Mentawai dan Solok Selatan. Sedangkan, Ganjar-Mahfud MD tidak ada yang unggul di satu daerah pun. (003)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait