Rentang 2023, BNN Kota Sawahlunto Ungkap 3 Kasus Narkoba

Kepala BNN Kota Sawahlunto beserta jajaran. (Foto: RIKI YUHERMAN/SumbarFokus.com)

SAWAHLUNTO (SumbarFokus)

Sepanjang 2023, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Sawahlunto berhasil mengungkap tiga kasus penyalahgunaan narkotika dengan tujuh orang tersangka, dan telah melaksanakan lima kali TAT(asesment terpadu) dengan sebelas orang klien.

Bacaan Lainnya

Kepala BNN Kota Sawahlunto AKBP Erlis mengungkap, tujuh tersangka itu didapat dari tiga wilayah cakupan BNN Kota Sawahlunto, yakni Sawahlunto, Sijunjung, dan Dharmasraya.

“Di Sawahlunto, tersangka HI (44), WS alias TW (38) dan ES (48) ditangkap pada 5 Januari. Di Dharmasraya, tersangka AZ yang merupakan DPO 2022 juga berhasil kita tangkap, serta di Sijunjung perbatasan antara Sawahlunto kami juga menangkap tiga tersangka, yakni DM, AN, dan TY,” jelas Erlis di Kantor BNN setempat, Kamis (14/12/2023).

Selain penindakan, sebut dia, BNN juga melakukan upaya rehabilitasi yang bertujuan untuk memulihkan ketergantuangan narkoba, mengembalikan fungsi sosial pecandu , korban, dan penyalahguna narkotika di masyarakat.

Tahun ini, layanan rehabilitasi jalan sebanyak 20 orang, layanan pascarehabilitasi sebanyak 8 orang, dan layana pascarehabilitasi melalui Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) sebanyak 10 orang.

“Sepanjang 2023, kami juga melaksanakan deteksi dini melalui tes urine secara mandiri pada lingkungan pemerintah daerah, lingkungan pendidikan , dan lingkungan masyarakat sejumlah 412 sampel,” jelas dia.

Sementara, untuk penggiat anti narkoba sudah terbentuk, di antaranya di lingkungan pemerintah sebanyak 85 orang, lingkungan masyarakat sebanyak 64 orang, dan lingkungan pendidikan sebanyak 70 orang.

BNN Kota Sawahlunto lanjut Erlis, total telah membentuk 8 Desa Bersih Narkoba (D Bersinar) dan tahun ini terbentuk 2 Desa Bersinar, yaitu Desa Talawi Hilir dan Desa Kolok Nan Tuo. (025)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait