Road to WIES 2025 Resmi Dibuka Menparekraf Sandiaga Uno, Gubernur: Semangat Kebangkitan Sumbar

Menparekraf Sandiaga Uno, saat meresmikan Road to WIES 2025, di Padang, Minggu (7/7/2025). (Foto: YEYEN/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Minggu (7/7/2025), langsung hadir di Kota Padang, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia (RI) Sandiaga Uno meresmikan gelaran Road to World Islamic Entrepreneur Summit (WIES) 2025, di Masjid Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi (red-Masjid Raya Sumbar yang di hari yang sama baru saja diresmikan perubahan namanya), Padang.

Bacaan Lainnya

WIES 2025 sendiri mengangkat tema “Masjid sebagai Pusat Pemberdayaan, Wirausaha, dan Inovasi”. Ini akan berlangsung di pertengahan tahun depan di Sumbar.

Acara peresmian Road to WIES 2025 tersebut dihadiri oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sumbar Sari Lenggogeni, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Luhur Budianda, keluarga Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi, unsur Forkopimda, dan tamu undangan lainnya.

“Kita berharap WIES 2025 menjadi momentum pengembangan wirausaha halal di Indonesia, khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” sebut Sandiaga.

Menurut dia, WIES adalah wadah yang mempertemukan para pengusaha muslim dari puluhan negara di dunia untuk saling bertukar informasi, membuka peluang-peluang usaha, wawasan, dan lapangan kerja baru.

“Sumbar telah memiliki citra yang kuat sebagai destinasi wisata halal di Indonesia bahkan dunia. WIES 2025 akan digelar untuk memperkuat ekosistem bisnis dunia, jaringan pariwisata, dan pengembangan UMKM halal,” sebutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah katakan, WIES 2025 menjadi jembatan bertemunya para entrepreneur tidak hanya di Sumbar, melainkan Indonesia dengan para investor dari berbagai belahan dunia.

“Ini langkah kedua (red-setelah WIES 2023), karena di sana bertemu antara entrepreneur dengan pemodal (investor), sehingga (diharapkan) menghadirkan lebih banyak lagi kemajuan, dan pengembangan usaha-usaha yang lebih banyak lagi di dunia Internasional,” jelas Mahyeldi.

Gubernur Mahyeldi berharap, WIES dapat diadakan setiap tahunnya untuk memperkuat industri ekonomi dan pariwisata halal di Indonesia melalui Sumatera Barat.

“Kita harapkan WIES nantinya ada peningkatan-peningkatan dari tahun-tahun yang lalu. Kita berharap WIES ini berjalan setiap tahunnya, dan itu tempatnya tentu di Sumbar,” tegas Gubernur.

Gubernur juga menyinggung semangat kebangkitan Sumbar di momen 1 Muharam tahun Hijriah ini.

“Semangat kebangkitan pada kita, semangat hijrah untuk kita, ke arah yang lebih baik, pariwisata lebih maju, kunjungan yang lebih meningkat, sarana prasarana yang lebih baik, pengelolaan pariwisata yang lebih sempurna, untuk masa yang akan datang,” Gubernur menyampaikan harapan.

Ditekankan juga, masyarakat Sumbar punya kemampuan luar biasa dalam mengolah potensi lokal jadi peluang. Untuk maksimalkan potensi tersebut, Gubernur menyatakan, perlu adanya kolaborasi dan sinergi, antara pemerintah serta unsur pentahelix lainnya.

Gubernur juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Menteri Sandiaga, karena menurut dia, Sumbar benar-benar merasakan buah perhatian dari sang Menteri.

“Terima kasih pada Bapak Sandiaga, karena sering ke Sumbar. Sumbar merasakan betul dukungan Menparekraf ini,” ujarnya. (003)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait