Semua Makin Mudah, Aplikasi PLN Mobile Sudah dinikmati 613.881 Pelanggan PLN Sumbar

Saat ini, melalui aplikasi PLN Mobile, PLN merespon dan menindaklanjuti pengaduan dengan cepat dan real-time sehingga dapat memberi layanan terbaik bagi pelanggan. (Foto: PLN Sumbar/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sumatera Barat terus meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, tidak saja untuk menikmati layanan pasang baru dan ubah daya tapi juga memberikan informasi dan menerima pengaduan layanan kelistrikan. Saat ini, melalui aplikasi PLN Mobile, PLN merespon dan menindaklanjuti pengaduan dengan cepat dan real-time sehingga dapat memberi layanan terbaik bagi pelanggan.

Bacaan Lainnya

Sesuai data terpusat dari aplikasi PLN Mobile, pelanggan di Sumatera Barat yang telah menggunakan aplikasi PLN Mobile hingga April 2024 mencapai 613.881 orang yang tersebar 30 Unit Layanan Pelanggan (ULP) di Sumatera Barat, dengan downloader terbanyak berada di Kota Padang dan sekitarnya, yakni sekitar 234.118 pelanggan.

Manager Komunikasi dan TJSL PLN UID Sumatera Barat, Yenti Elfina mengatakan PLN sangat memahami bahwa listrik merupakan elemen yang sangat penting untuk menunjang aktivitas kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, di era digital seperti sekarang ini, PLN berupaya memudahkan pelanggan melalui layanan digital.

“Aplikasi PLN Mobile merupakan transformasi pelayanan PLN untuk memudahkan pelanggan mendapatkan layanan kelistrikan dalam satu genggaman. Berbagai layanan kelistrikan PLN sudah dikemas secara user-friendly, sehingga pelanggan semakin mudah mendapatkan informasi kelistrikan dan menyampaikan keluhan kelistrikan lainnya. Hal ini terbukti dari jumlah pengguna Aplikasi PLN Mobile yang telah mencapai lebih dari 600 ribu pelanggan,” ujarnya.

Yenti menambahkan, saat ini semua fitur layanan pada aplikasi PLN Mobile telah dirancang secara terintegrasi dengan baik, sehingga sangat mempermudah pelanggan dalam melaporkan pengaduan ataupun menyampaikan informasi sistem kelistrikan.

“Jadi, jika pelanggan melaporkan terjadinya gangguan kelistrikan atau menyampaikan informasi lainnya tentang kelistrikan melalui aplikasi PLN Mobile, maka akan langsung diterima oleh petugas pelayanan yang standby 24 jam, selanjutnya akan diteruskan kepada regu pelayanan teknik untuk segera dilakukan upaya perbaikan. Progresnya akan dimonitor langsung oleh pejabat terkait mulai dari Manager hingga level Direksi. Pelanggan juga dapat mengetahui informasi pemadaman jika terjadi kondisi emergency akibat cuaca ekstrim, pohon tumbang dan gangguan lainnya. Selain itu, pelanggan juga dapat memantau progres pengaduan secara real-time,” imbuh Yenti lagi.

Yenti juga mengungkapkan berbagai layanan yang disediakan PLN melalui aplikasi PLN Mobile, di antaranya pembelian token dan pembayaran tagihan, perubahan daya, SwaCAM atau Catat Meter Mandiri, riwayat penggunaan listrik atau pembelian token, informasi progres penyelesaian gangguan, dan layanan pengaduan. Ada pula informasi-informasi kelistrikan seperti promo kelistrikan, berita terkini tentang kelistrikan, hingga “Marketplace”, dimana ini menjadi fitur berkumpulnya UMKM binaan PLN di seluruh Indonesia.

PLN UID Sumbar melalui seluruh unit di 19 kota dan kabupaten di Sumatera Barat gencar mengenalkan aplikasi PLN Mobile kepada masyarakat. Mulai dari perangkat desa, kecamatan, hingga sekolah dan perguruan tinggi agar masyarakat semakin mudah mendapatkan layanan kelistrikan dalam satu genggaman. Selain itu PLN secara masif melakukan sosialisasi penggunaan PLN Mobile melalui berbagai platform media sosial PLN mulai dari facebook, instagram, twitter, kanal youtube PLN Sumbar umbar dan juga media massa.

Yuk Segera Download Aplikasi PLN Mobile
Google Play (Android)
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.icon.pln123
App Store
https://apps.apple.com/id/app/pln-mobile/id1299581030?l=id. (000/UID-Sumbar)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait