Bupati Sabar AS Apresiasi Masyarakat Lansek Kadok Barat, Senantiasa Ramaikan Masjid

Bupati Sabar AS mengunjungi Masjid Raya Nurul Aman, Nagari Lansek Kadok Barat, Kecamatan Rao Selatan, Pasaman. (Foto: Pemkab Pasaman/SumbarFokus.com)

PASAMAN (SumbarFokus)

Menarik apa yang dilakukan pengurus Masjid Raya Nurul Aman, Nagari Lansek Kadok Barat, Pasaman. Uang kotak infak yang terkumpul tidak hanya dimanfaatkan untuk pembangunan dan keperluan masjid, namun lebih dominan digunakan untuk menyantuni anak yatim dan fakir miskin di saat menjelang Idulfitri.

Bacaan Lainnya

“Minggu kemarin, pengurus masjid sudah membagikan uang santunan Rp15 juta buat anak yatim dan fakir miskin. Uangnya berasal dari infak jamaah Masjid Raya Nurul Aman ini,” ujar Rajo Kinayan, tokoh masyarakat setempat.

Hal itu disampaikan Rajo Kinayan ke hadapan Bupati Pasaman, dalam lawatan Tim Safari Ramadan Khusus (TSRK) Pemda Pasaman, di Masjid Raya Nurul Aman, Selasa (2/4/2024).

Aktivitas hebat lain yang ikut diungkap Rajo Kinayan adalah bahwa masjid raya yang cukup megah itu senantiasa ramai digunakan masyarakat untuk salat lima waktu dan shalat sunat.

“Masjid ini selalu ramai oleh jamaah di setiap masuk waktu salat, mulai dari Subuh, Zuhur, Ashar, Maghrib, hingga Isya, dan hal itu sudah berlangsung sejak lama,” ujar Rajo Kinayan.

Selasa malam, di hari ke-21 Ramadan 1445 H. TSRK Pemda Pasaman yang dipimpin Bupati Sabar AS mengunjungi Masjid Raya Nurul Aman, Nagari Lansek Kadok Barat, Kecamatan Rao Selatan.

Berbeda dengan tempat lain, TSRK di Masjid Raya ini dijamu berbuka puasa di dalam dan di teras masjid yang luas, berbaur dengan masyarakat setempat, dan suasananya terlihat begitu akrab.

Bupati Pasaman Sabar AS, usai salat fardhu isya dan sunat Tarwih, mengatakan bahwa jalinan silaturrahmi, ukhuwah islamiyah adalah modal kekuatan dalam membangun daerah, menuju ke arah yang lebih baik.

“Dengan kebersamaan, target-target pembangunan mudah dicapai dan kendala akan mudah diatasi,” ujar Bupati.

Mengenai aktivitas keagamaan dan sosial yang telah dilakukan pengurus dan jamaah Masjid Raya Nurul Aman, Bupati Sabar AS menyampaikan dukungan serta apresiasinya.

“Sesungguhnya orang-orang yang memakmurkan masjid adalah orang-orang yang beriman. Hanya orang-orang beriman yang bisa melakukannya,” ujar Bupati.

Juga dipesankan Bupati tentang kegiatan thaharah masjid. Dengan melakukan thaharah atau kegiatan merawat dan membersihkan masjid, akan membuat masjid selalu bersih dan nyaman untuk digunakan beribadah.

Seperti biasa, di sela sambutannya, Bupati Sabar AS menanyai anak-anak dan remaja yang ikut program tahfiz A-Qur’an. Bagi yang ikut tahfiz dan tunjuk tangan, langsung diberi hadiah berupa uang oleh Bupati.

Di ujung sambutan, Bupati beserta rombongan TSRK menyerahkan bantuan masjid Rp20 juta kepada pengurus masjid, plus karpet masjid dan Al-Qur’an. Sementara, Bank Nagari Lubuk Sikaping menyerahkan bantuan Rp1 juta, ditambah santunan uang untuk para lansia dari Baznas Pasaman.

Safari Ramadan di Masjid Nurul Aman turut dihadiri anggota DPRD Pasaman, Mulyadi, dan dua orang caleg DPRD Pasaman terpilih serta camat, forkopimca dan wali nagari serta jorong se-Kecamatan Rao Selatan. (016)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait