Ini Alasan Mengapa Ponsel Harus Dimatikan di dalam Pesawat

Ponsel Harus Dimatikan
Ilustrasi. (Foto: Canva/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Handphone, tablet, hingga game portabel adalah perangkat elektronik yang serasa tak lepas dari genggaman. Namun, ada satu tempat yang tidak membolehkan kita menyalakan perangkat tersebut, dan tempat itu terbang di udara.

Bacaan Lainnya

Pesawat merupakan tempat di mana penumpang tidak boleh menyalakan perangkat elektroniknya. Sebelum lepas landas, penumpang akan diingatkan untuk mematikan semua perangkat elektronik atau menyimpannya dalam “mode pesawat” selama seluruh penerbangan. Lantas, mengapa ponsel harus dimatikan di dalam pesawat?

Penumpang diperingatkan bahwa layanan seluler harus dimatikan karena transmisi perangkat mengganggu peralatan navigasi pesawat. Tetapi apakah ini benar-benar terjadi?

Melansir dari Ensiklopedia Britannica, jawabannya adalah tidak. Tetapi, perangkat elektronik bisa memengaruhi instrumen pesawat serta penumpang lain selama penerbangan.

Bagaimana Perangkat Elektronik Memengaruhi Pesawat

Secara umum, perangkat elektronik menjadi pemancar gelombang radio berdaya rendah untuk terhubung ke jaringan nirkabel atau menara telepon seluler dan penerima lain. Mereka membawa sinyal keluar-tetapi mereka juga menjadi penerima untuk menerima sinyal masuk.

Jika menara atau penerima lainnya relatif dekat, perangkat tidak perlu menggunakan banyak daya untuk mencari sinyal menara dan mempertahankan sinyal antara menara dan perangkat.

Saat perangkat elektronik dalam mode aktif atau seluler, ia mengirimkan sinyal radio, tetapi saat dalam mode pesawat, tidak. Sebagian besar maskapai mencatat bahwa ada kemungkinan sinyal radio yang dikirim dari perangkat elektronik dapat mengganggu satu atau lebih sistem penting pesawat, seperti sensor yang membantu instrumen pesawat berkomunikasi satu sama lain, peralatan navigasi, peralatan penghindaran tabrakan, dan bentuk avionik lainnya.

Namun dalam praktiknya, peralatan elektronik sensitif pada pesawat modern terlindung dengan baik dari gelombang radio. Meskipun interferensi elektronik dari transmisi ponsel terlibat dalam kecelakaan di Swiss pada tahun 2000 dan satu di Selandia Baru pada tahun 2003, kemungkinan besar transmisi perangkat selama penerbangan hanya akan mengganggu awak pesawat.

Hal ini karena sinyal terdaftar di peralatan mereka, memaksa pilot, navigator, dan operator radio bekerja lebih keras untuk membaca instrumen mereka dengan benar, dan sinyal sering kali ditangkap di headphone mereka sebagai suara bip teredam.

Jadi “gangguan pilot” kemungkinan besar adalah alasan mengapa maskapai penerbangan meminta penumpang untuk menjaga agar perangkat mereka tidak melakukan transmisi selama penerbangan.

Itulah penjelasan mengenai mengapa ponsel harus dimatikan di dalam pesawat. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait