Jarang Diketahui, Ini 4 Manfaat Buah Jamblang untuk Kesehatan

Buah jamblang, atau sering disebut juga sebagai juwet, adalah buah yang tumbuh di pohon jamblang (Syzygium cumini), yang tergolong ke dalam keluarga Myrtaceae. (Foto: MUHAMMAD SHIDDIQ PUTRA/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Buah jamblang, atau sering disebut juga sebagai juwet, adalah buah yang tumbuh di pohon jamblang (Syzygium cumini), yang tergolong ke dalam keluarga Myrtaceae.

Bacaan Lainnya

Buah ini memiliki kulit berwarna ungu kehitaman saat matang dan memiliki daging buah yang berwarna merah gelap hingga hitam dengan rasa manis dan sedikit masam.

Buah jamblang sering digunakan sebagai bahan dalam pembuatan berbagai makanan dan minuman, seperti jus, selai, atau sirup.

Tak hanya itu, buah jamblang juga memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan, diantaranya:

1. Mencegah Kanker
Kandungan antioksidan dalam buah jamblang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat membantu mencegah perkembangan sel kanker.

2. Mencegah Diabetes
Buah jamblang memiliki sifat antidiabetes yang membantu mengontrol kadar gula darah, sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes atau sebagai pencegahan bagi mereka yang berisiko terkena penyakit ini.

3. Membantu Menurunkan Tekanan Darah
Kandungan potasium dalam buah jamblang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, sehingga baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

4. Mempercepat Penyembuhan Luka
Ekstrak dari buah jamblang telah ditemukan memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi, yang dapat membantu mempercepat penyembuhan luka dan melindungi kulit dari infeksi.
(BBS/Magang/Halwa)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait