Lima Tips Mengurangi Kebiasaan Telat, Hidup Makin Teratur

Tips Mengurangi Kebiasaan Telat
Ilustrasi. (Foto: Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Sudah di pertengahan 2023, siapa yang masih sering telat? Kebiasaan telat atau ngaret memang sering dilakukan oleh banyak orang. Padahal, kebiasaan ini tidak baik, lho. Selain merugikan dirimu sendiri, kebiasaan ini juga akan merugikan orang lain.

Bacaan Lainnya

Jika kamu sering telat, bisa saja orang lain akan menganggapmu sebagai pribadi yang kurang bertanggung jawab dan tidak bisa menghargai waktu. Apabila dibiarkan, hal ini pastinya akan memengaruhi reputasimu di lingkungan sosial.

Agar kamu tidak dicap sebai pribadi yang demikian, tips-tips ini bisa dipraktikkan untuk menghilangkan kebiasaan telat. Jangan dilakukan lagi, ya!

Tips Mengurangi Kebiasaan Telat

  1. Buatlah jadwal yang terstruktur

Buatlah jadwal, lalu tempelkan di tempat yang mudah terlihat. Jadwal yang kamu buat harus berisi daftar tugas, aktivitas, dan janji temu yang perlu dilakukan pada waktu yang sudah ditentukan. Kamu bisa membuat jadwal harian atau mingguan untuk menghindarkan kelupaan melakukan sesuatu atau bentrok kegiatan.

Dengan menerapkan cara ini, diharapkan kebiasaan telatmu bisa berkurang. Kamu juga akan lebih terstruktur dalam mengerjakan sesuatu. Sebab, semua hal penting yang perlu disiapkan sudah tertulis dalam jadwal perencanaan, sehingga lebih siap mengerjakannya.

  1. Gunakan alarm sebagai pengingat

Fungsi alarm tidak hanya digunakan untuk membangunkan orang tidur. Alarm juga bisa digunakan untuk mengingatkan pada kegiatan atau janji yang telah kamu buat sebelumnya. Aturlah alarm pada ponsel atau jam tangan digital agar kamu terhindari dari kelupaan melakukan sesuatu.

Cara ini dirasa lebih efisien, karena di era serbadigital seperti sekarang hampir semua orang memiliki ponsel. Mereka juga akan membawa ponsel di setiap aktivitas yang dilakukan. Menyeting alarm pada ponsel akan sangat membantu setiap orang mengingatkan sesuatu yang ingin dilakukan.

  1. Hindari distraksi saat melakukan kegiatan

Distraksi merupakan suatu gangguan yang bisa mengalihkan fokus seseorang saat melakukan kegiatan. Kamu bisa menghindari adanya distraksi tersebut saat akan melakukan sesuatu. Misalnya, saat mengerjakan pekerjaan, hindari bermain ponsel atau berhenti terlebih dulu mengakses media sosial. Kamu juga bisa menghindari kegiatan atau orang yang dapat mengalihkan perhatian sehingga membuat kamu terlambat.

Cara ini tentunya akan memperbaiki fokusmu dalam melakukan sesuatu. Kamu akan lebih terarah dan terstruktur, sehingga kegiatan yang dilakukan bisa selesai tepat waktu. Selain itu, orang lain juga akan menilaimu sebagai pribadi yang bertanggung jawab dan bisa diandalkan karena bisa menghargai waktu secara optimal.

  1. Lebih mempersiapkan segala sesuatu sebelumnya

Jika memiliki waktu luang, gunakan waktu tersebut untuk menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan mendatang. Kamu bisa menata baju, tas, atau dokumen jika akan melakukan pekerjaan di luar kota. Apabila memiliki janji bertemu orang lain, siapkan barang-barang yang akan kamu kenakan atau bawa.

Cara ini akan menghemat waktumu sebelum berangkat atau melakukan sesuatu. Kamu juga bisa meminimalkan waktu yang terbuang untuk mencari-cari barang yang hilang. Dengan membiasakan ini, kamu tidak akan terburu-buru sebab segala sesuatu telah disiapkan sebelumnya.

  1. Menjaga motivasi untuk selalu tepat waktu

Suatu upaya tidak akan berjalan baik apabila tak ada motivasi yang mendasari untuk melakukannya. Selain bertindak, kamu juga harus menanamkan semangat untuk selalu tepat waktu. Tentukan tujuan yang jelas dan ingatlah mengapa kamu harus menyelesaikan setiap kegiatan tepat waktu.

Jangan biarkan diri tergoda untuk menunda pekerjaan. Dengan menunda pekerjaan, justru akan memberikan dampak buruk bagi berbagai pihak.

Adapun bentuk kerugianya, seperti bisa menghambat orang lain dalam menyelesaikan pekerjaan, reputasimu di lingkungan menjadi buruk, serta kamu akan dinilai sebagai pribadi yang kurang kompeten dalam bekerja.

Beberapa tips di atas bisa kamu praktikkan agar kebiasaan ngaret atau telat tidak lagi kamu lakukan. Meski kebiasaan ini banyak ditemui di berbagai lingkungan, tetap ingat jangan biarkan kamu terbiasa melakukannya.

Itulah penjelasan mengenai tips mengurangi kebiasaan telat. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait