Literasi Kebangsaan, Leonardy: Indonesia Butuh Orang Baik

Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa memberikan motivasi kepada generasi muda yang mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD). (Foto: Ist)

PADANG (SumbarFokus)

Anggota DPD RI, Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa memberikan motivasi kepada generasi muda yang mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD), Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar). Kegiatan itu dilaksanakan PAC Gerakan Pemuda Ansor Koto Tangah di Pondok Pesantren Ihdinassirotol Mustaqim, Pasir Jambak, Kelurahan Pasie Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah Padang, Sabtu (3/6/2023).

Bacaan Lainnya

Kepada peserta PKD dan Diklatsar dan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), pria yang akrab dipanggil Bang Leo ini mengingatkan, Negara butuh orang baik. Dan di Gerakan Pemuda Ansor adalah tempat berkumpulnya orang baik.

Saat Senator asal Sumbar ini bertanya, masihkah ada orang baik? Mereka menjawab masih banyak. Dan menanggapi hal ini, Leonardy menegaskan memang orang baik ini masih banyak dan ada di berbagai lini.

Menurut Leonardy, orang baik ada di kalangan mahasiswa seperti anggota PMII yang kebanyakan dari UIN Imam Bonjol. Untuk itu dia mengajak para mahasiswa itu untuk menjadi mahasiswa yang baik. Dia juga mengajak calon anggota maupun yang sudah aktif di Ansor menjadi pengurus atau anggota Ansor yang baik.

Ditambahkan, kader GP Ansor harus siap untuk bergerak dan berjuang untuk negara. Sebagai organisasi kepemudaan di bawah naungan Nahdlatul Ulama, kader GP Ansor harus bisa menjadi menjadi contoh yang baik bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

“Berkhidmatlah dengan penuh keyakinan dan penuh keikhlasan. Yakinlah Allah pasti akan membukakan pintu rezki yang tanpa kita duga,” ujarnya.

Leonardy juga menyampaikan harapannya terkait tumbuhny organisasi.

“Besar harapan kita, dari pelatihan kepemimpinan dan Diklatsar ini lahir orang-orang baik yang akan mewarnai organisasi atau lembaga yang ada. Keberadaan orang-orang baik ini akan mewarnai dan menularkan kebaikan itu kepada yang lainnya,” ujar Ketua Badan Kehormatan DPD RI 2019-2024 itu.

Namun, kata Leonardy, orang-orang baik ini belum mendapatkan kesempatan untuk berada di tampuk pemerintahan (eksekutif), lembaga legislatif maupun di Yudikatif. Dia memaparkan fakta bahwa menurut Badan pusat Statistik (BPS) menyatakan, jumlah penduduk Indonesia di perkirakan sebanyak 275,77 juta jiwa pada 2022. Dari jumlah itu berapa yang memimpin lembaga, kementerian, badan, kepala daerah, lalu berapa diantara mereka yang baik?

Selanjutnya, dari data di atas, bagaimana bisa dicari orang-orang baik untuk mengurus negeri ini. Leonardy mengajak para mahasiswa dan generasi muda tersebut mencari ‘orang baik’ pada Pemilu 2024 nanti.

“Dan jika ada di antara kita yang dirasa adalah orang baik, maka dukunglah dia. Beri dia kesempatan,” sebutnya.

Bahkan, tegas Leonardy, orang Ansor wajib memberikan dukungan terhadap sahabat di Ansor yang tengah berjuang mendapatkan tempat di lembaga pemerintahan. Begitu juga jika mereka tengah berupaya menjadi anggota legislatif atau maju sebagai kepala daerah/wakil kepala daerah.

“Indonesia akan lebih baik jika setiap lini pemimpinnya adalah orang-orang baik, dengan spiritualitas yang teruji dan moralitas yang tinggi,” ujarnya.

Ketua Badan Kehormatan DPD RI ini mengingatkan, pentingnya menjadi orang baik telah diisyaratkan oleh nabi kita juga tentang Khoirunnas Anfauhum Linnas, dan sebaik baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya, karena bermanfaat bagi manusia lainnya itulah kebaikan menular.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Pengurus Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama Sumatera Barat, Pengurus Wilayah GP Ansor Sumbar serta pimpinan Pondok Pesantren KH Ihdinas Sirotol Mustaqim dan panitia PKD. (000/ril)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait