Operasi Gabungan Satlantas Polres Pasbar, Puluhan Sepeda Motor Terjaring

Satlantas Polres Pasaman Barat, saat menggelar razia gabungan dalam rangka penindakan terhadap pelanggaran lalu lintas di depan Mapolres setempat, Sabtu (29/7/2023) malam. (Foto: WISNU A. UTAMA/sumbarfokus.com)

PASAMAN BARAT (SumbarFokus)

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pasaman Barat menggelar razia gabungan
dalam penindakan pelanggaran lalu lintas di wilayah hukum Polres Pasaman Bar.

Bacaan Lainnya

Operasi gabungan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki, di bawah kendali Kasat Lantas Iptu M. Irsyad Fathur Rachman, yang dilakukan secara hunting ke beberapa titik lokasi yang sering dijadikan wahana balapan liar, dan juga secara stationer di depan Mako Polres Pasaman Barat, Sabtu (29/7/2023) malam.

Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki melalui Kasat Lantas Iptu M. Irsyad Fatur Rachman mengatakan, razia gabungan ini digelar seiring dengan keresahan masyarakat terkait aksi balapan liar dan penggunaan knalpot racing atau brong. Hal ini juga merupakan atensi dari Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sumatera Barat, dikarenakan Polres Pasaman Barat berada di nomor urut dua di wilayah hukum Polda Sumbar terkait pelanggaran lalu lintas dan angka tertinggi kecelakaan lalu lintas.

“Dalam operasi gabungan ini, juga melibatkan 44 personel dari Satuan Reserse Kriminal, Satuan Intelkam dan Satuan Samapta Polres Pasaman Barat dalam penindakan pelanggaran lalu lintas,” ujarnya.

Dijelaskan, adapun sasaran dari kegiatan ini yaitu, pengendara yang tidak menggunakan helm, tidak memiliki SIM, kendaraan bermotor yang tidak dilengkapi dengan surat-surat kendaraan dan knalpot racing. Selain itu, petugas juga melakukan penindakan tegas terhadap aksi balapan liar yang sering dilakukan oleh sekelompok remaja dibeberapa titik lokasi di sepanjang jalur protokol 32 Pasaman Baru dan komplek Pertanian Padang Tujuh.

“Dari hasil operasi gabungan tersebut, pihaknya melakukan penindakan berupa sanksi tilang sebanyak seratus berkas, tilang kendaraan bermotor roda dua 73 unit, tilang kendaraan bermotor roda empat satu unit, tilang STNK 22 lembar, tilang SIM empat lembar,” jelasnya.

Ditambahkan, jajaran Satlantas Polres Pasaman Barat akan terus melakukan penindakan tegas terhadap pelanggaran lalu lintas. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya. Ia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap melengkapi surat-surat kendaraan dan kelengkapan kendaraan bermotor sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI).

“Kepada para pelajar dan remaja, lakukan kegiatan yang bermanfaat. Hindari aksi balapan liar di jalan raya yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Apabila terjaring operasi dalam aksi balapan liar, pihaknya akan menindak secara tegas sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku. Jadilah pelopor keselamatan dalam berlalu lintas,” tegasnya. (018)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait