4 Cara Mengatasi Bau Lumpur pada Ikan Air Tawar

Penjelasan cara mengatasi bau
Cara mengatasi bau lumpur pada ikan air tawar adalah dengan memberi rempah-rempah aromatik ke seluruh permukaan hingga bagian jeroan ikan. (Foto: Pin/sumbarfokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Ikan yang Anda beli berbau lumpur? Ada beberapa cara mengatasi bau lumpur pada ikan air tawar.

Bacaan Lainnya

Ikan air tawar memiliki kecenderungan bau yang begitu khas. Bau khas ini bukanlah bau amis, melainkan bau lumpur atau bau tanah.

Mungkin Anda menyangka bahwa bau lumpur itu berasal dari ikan itu sendiri yang memang hidup di area berlumpur, tetapi pernyataan ini salah. Sebetulnya, bau lumpur pada ikan berasal dari geosmin, yakni senyawa kimia yang dihasilkan bakteri Actinomyus dan alga hijau.

Agar tak ada lagi bau lumpur pada ikan, berikut penjelasan cara mengatasi bau lumpur pada ikan air tawar dengan menggunakan bahan-bahan alami, dilansir dari berbagai sumber:

Garam

Cara mengatasi bau lumpur pada ikan bisa dilakukan dengan membubuhkan garam ke seluruh tubuh ikan. Garam tak hanya memberi rasa pada ikan, tapi juga dapat mengikat bebauan, termasuk bau lumpur pada ikan.

Ikan Mentah

Tak hanya permukaannya saja, bubuhkan juga garam ke bagian dalam perut ikan dan diamkan hingga meresap. Alangkah lebih baik ikan yang telah dilumuri garam didiamkan seharian. Setelah itu barulah cuci ikan pada air mengalir.

Rasio garam dan ikan yang digunakan adalah 1 sdt.: 1 kg untuk dapat atasi bau lumpur pada ikan.

Buttermilk

Buttermilk atau susu mentega dapat jadi salah satu cara mengatasi bau lumpur pada ikan yang efektif.

Bau lumpur pada ikan bisa dihilangkan dengan membersihkan sisik serta melakukan perendaman ke dalam buttermilk. Diamkan ikan yang sedang direndam buttermilk ini selama 1 jam di dalam lemari pendingin.

Ikan yang direndam dalam buttermilk tak hanya sekadar menghilangkan bau lumpur saja, tapi juga dapat menambah rasa gurih sehingga ikan lebih nikmat dikonsumsi.

Cuka

Setelah melakukan pembersihan sisik dan jeroan, mulailah lumuri cuka ke seluruh permukaan ikan.

Cuka ini jadi salah satu cara mengatasi bau lumpur pada ikan. Ini karena cuka adalah antibakteri alami sekaligus dapat mengikat bau ikan yang aman bagi tubuh.

Caranya, tuangkan 1 sdm cuka dan campurkan dengan sedikit air. Tuangkan cuka tadi ke seluruh permukaan ikan. Diamkan selama 30 menit lalu cuci dalam air mengalir hingga bau menghilang.

Rempah-rempah

Cara mengatasi bau lumpur pada ikan air tawar adalah dengan memberi rempah-rempah aromatik ke seluruh permukaan hingga bagian jeroan ikan.

Pertama-tama, tentu bersihkan ikan terlebih dahulu. Selanjutnya, sayat-sayat tubuh ikan dan oleskan bumbu rempah yang sudah dihaluskan ke seluruh bagian ikan hingga merata. Diamkan selama 30 menit sebelum menggorengnya.

Rempah-rempah aromatik yang bisa jadi penghilang bau lumpur pada ikan adalah seperti serai, jahe, daun jeruk, bawang putih, kunyit, hingga garam. Tak lupa haluskan seluruhnya hingga menjadi bumbu halus.

Itulah penjelasan cara mengatasi bau lumpur pada ikan air tawar dengan menggunakan bahan-bahan alami. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait