Peringati Bulan K3 Nasional bersama BPBD Padang PLN Latih Personel Tanggap Darurat Banjir

PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Padang bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD ) Padang gelar Simulasi Tanggap Darurat dalam menghadapi potensi bencana banjir pada Selasa-Rabu (6-7/2/2023). (Foto: PLN Sumbar/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Dalam rangka memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional tahun 2024, yang mengusung tema “Budaya K3, Sehat, dan Selamat dalam Bekerja untuk Terjaga Keberlangsungan Usaha”, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Padang bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD ) Padang gelar Simulasi Tanggap Darurat dalam menghadapi potensi bencana banjir pada Selasa-Rabu (6-7/2/2023).

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini sebagai bentuk peningkatan kualitas kerja dalam keadaan aman, selamat, dan berkelanjutan di tengah kondisi cuaca pancaroba saat ini hingga kondisi lingkungan Kota Padang yang rawan banjir.

Bertempat di Aula PLN UP3 Padang, pada hari pertama seluruh peserta yang terdiri dari Pegawai PLN maupun Tenaga Alih Daya dilakukan sosialisasi topografi kota Padang dan materi pelatihan. Selanjutnya, pada hari kedua, para peserta melakukan praktek langsung di lapangan, tepatnya di Sungai Lubuk Minturun Kota Padang untuk pelatihan terkait kebencanaan, teknik evakuasi, dan bantuan hidup dasar.

Dalam kegiatan ini, Manager PLN UP3 Padang, Wilsriza, menyampaikan apresiasinya atas kolaborasi PLN dengan BPBD Kota Padang atas terselenggaranya acara ini.
Kegiatan ini diharapkan menambah pengetahuan seluruh pegawai PLN dan tenaga alih daya tentang penanganan saat terjadinya situasi bencana banjir, terutama petugas yang berperan langsung dalam pelayanan kelistrikan kepada masyarakat dalam situasi seperti ini.

“Kegiatan ini diharapkan dapat meminimalisir rasa panik saat terjadi bencana. Kami juga berharap bahwa melalui simulasi ini, baik pegawai PLN maupun tenaga alih daya dapat lebih terampil dan dapat menyelamatkan diri sendiri maupun orang lain, khususnya Pegawai PLN yang melaksanakan tugas di lapangan ketika terjadi bencana banjir. Mereka diingatkan untuk selalu peduli terhadap keselamatan kerja, taat pada Standard Operating Procedure (SOP) yang berlaku, dan tanggap dengan melakukan tindakan pencegahan atau preventif agar pelayanan kelistrikan kepada pelanggan tetap aman dan andal,” ungkapnya.

Wilsriza menambahkan bahwa peringatan Bulan K3 Nasional merupakan kegiatan rutin PLN UP3 Padang yang diselenggarakan setiap tahun, sebagai bagian dari upaya untuk membudayakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam setiap aktivitas. Ini juga sejalan dengan program pemerintah, sesuai dengan tema tahun ini yaitu “Budaya K3, Sehat, dan Selamat dalam Bekerja untuk Terjaga Keberlangsungan Usaha.”

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kota Padang, Hendri Zulviton, beserta timnya dalam paparan dan prakteknya menyampaikan pemahaman yang baik tentang tindakan yang harus dilakukan saat situasi tanggap darurat, dengan harapan dapat meningkatkan kewaspadaan, khususnya saat terjadi bencana banjir di Kota Padang.

“Setelah kegiatan ini, diharapkan seluruh pegawai PLN maupun tenaga alih daya dapat benar-benar memahami dengan baik SOP langkah awal yang harus dilakukan saat terjadi bencana, serta melindungi diri dengan benar dan mengingat proses evakuasi agar semuanya tetap dalam keadaan selamat,” ujar Hendri. (000/UID-Sumbar)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait