Tim PKM RSH Psychofusion UNP Gelar Need Assessment Analysis untuk Gali Kebutuhan Remaja

Tim PKM RSH Psychofusion UNP Gelar Need Assessment Analysis untuk Gali Kebutuhan Remaja. (Foto: UNP/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Riset Humaniora Psychofusion dari Universitas Negeri Padang (UNP) melaksanakan kegiatan need assessment analysis dengan menggunakan open ended quisionere dan Forum group discussion (FGD). Kegiatan ini bertujuan untuk menggali kebutuhan remaja dalam menjalin hubungan yang lebih dekat dengan keluarga. Analisis ini merupakan bagian penting dari proses pengumpulan data untuk proyek PKM yang sedang mereka kerjakan.

Bacaan Lainnya

Kegiatan need assessment analysis dilaksanakan di dua sekolah dan satu universitas. SMKS Dhuafa Padang menjadi lokasi pertama pada 14 Mei 2024, disusul oleh SMPN 17 Padang pada 28 Mei 2024 melalui metode open ended quisionere, dan metode Focus Group Discussion (FGD) di Fakultas Psikologi dan Kesehatan UNP pada 9 Juni 2024. Kegiatan sosialisasi dan pengumpulan data ini diikuti oleh 30 siswa kelas 2 SMK, 25 siswa kelas 7 SMP, dan 9 mahasiswa perwakilan dari berbagai fakultas di UNP.

Tim PKM ini terdiri dari lima mahasiswa UNP, yaitu Sella Twuentika sebagai Ketua Tim PKM, bersama Atika Hulva Trirahma, Assyifa Herbi Nuari, Elsya Wira Agnesia, dan Diva Khairunnisa Sambodo. Need assessment ini bertujuan untuk menggali lebih dalam mengenai kebutuhan remaja dalam menjalin hubungan kedekatan dengan keluarga. Beberapa fokus utama dari kuesioner terbuka yang diajukan meliputi kebutuhan remaja untuk bisa menjalin hubungan relasi yang dekat, kegiatan yang dianggap nyaman dan menyenangkan bersama keluarga, alasan remaja merasa sulit berkomunikasi dengan anggota keluarga, serta pertanyaan lainnya yang relevan dengan hubungan keluarga.

Hasil dari need assessment ini akan dijadikan sebagai sumber data utama dalam penyusunan buku Psychofusion Family Harmony, yang merupakan output dari riset ini. Buku ini nantinya akan menjadi panduan interaktif bagi remaja untuk lebih dekat dengan keluarga, berdasarkan kebutuhan dan aspirasi yang mereka sampaikan langsung. Dengan melibatkan remaja secara langsung dalam proses pengumpulan data, tim PKM berharap dapat menciptakan panduan yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan realitas yang dihadapi remaja. Hal ini diharapkan dapat membantu mereka untuk menjalin hubungan yang lebih harmonis dan erat dengan keluarga, serta mengatasi kendala komunikasi yang mungkin mereka hadapi.

Kegiatan ini merupakan langkah awal dari rangkaian penelitian yang dilakukan oleh Tim PKM RSH Psychofusion UNP untuk mempromosikan hubungan keluarga yang harmonis dan saling mendukung. (000/unp)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait