ASN Diimbau Bantu Dongkrak Partisipasi Pemilih dalam Pemilu 2024

Gubernur Mahyeldi mengimbau ASN agar berperan mendorong masyarakat untuk memilih dalam Pemilu tahun ini. (Foto: Pemprov Sumbar/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk terus membantu sosialisasi pentingnya penggunaan hak suara dalam Pemilu kepada masyarakat. Mahyeldi menyebut, ajakan tersebut bertujuan untuk mendongkrak partisipasi pemilih dalam Pemilu serentak 2024.

Bacaan Lainnya

“Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU), partisipasi pemilih dalam pelaksanaan pesta demokrasi di Sumbar cenderung mengalami kenaikan dari masa ke masa,” ungkap Mahyeldi.

Hal itu disampaikan Gubernur Mahyeldi saat membuka acara tabligh akbar peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad dan doa bersama jelang Pemilu 2024, yang diselenggarakan oleh KPU Sumbar di Masjid Raya Sumbar, Kamis (8/2/2024).

Gubernur merinci, berdasarkan data KPU pada Pemilu 2009, partisipasi masyarakat dalam pemilihan legislatif mencapai 70,46 persen, sedangkan pada pemilihan presiden 71,10 persen.

Kemudian dalam Pemilu 2014, partisipasi masyarakat untuk pemilihan legislatif 70,79 persen, sedangkan untuk pemilihan presiden 65,19 persen.

Dalam Pemilu 2019, partisipasi pemilih secara persentase meningkat signifikan. Untuk pemilihan legislatif mencapai 78,75 persen, sedangkan untuk pemilihan presiden 78,98 persen. Persentase tersebut menjadi capaian tertinggi di Sumatera Barat.

Meskipun secara umum, capaian tersebut masih berada di bawah persentase partisipasi nasional yang saat itu berada di kisaran 81 persen. Namun, peningkatannya sudah cukup signifikan atau bisa diartikan kesadaran masyarakat Sumbar akan pentingnya menyalurkan hak pilihnya telah semakin meningkat.

“Meskipun sudah mulai meningkat. Namun tetap diperlukan peran aktif publik. Termasuk peran pemerintah daerah dan ASN. Kita semua perlu mengajak masyarakat untuk ikut menyalurkan hak suaranya dalam Pemilu yang akan dilangsungkan 14 Februari nanti,” ucap Gubernur Mahyeldi.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar, Surya Efitrimen menambahkan pada Pemilu 2024 ini target partisipasi pemilih secara nasional dari KPU adalah sebesar 82 persen.

“Kita berharap, persentase partisipasi pemilih di Sumatera Barat bisa sama atau lebih dari target KPU secara nasional yang sebesar 82 persen,” harap Surya.

Pihaknya optimis, sambung Surya, partisipasi pemilih Sumbar dalam Pemilu 2024 ini akan melebihi capaian Pemilu sebelumnya. Sebab, iklim politik Pemilu tahun ini menurut banyak pihak lebih sejuk dan damai, sehingga diyakini akan berdampak positif terhadap minat masyarakat untuk menyalurkan hak suaranya pada tanggal 14 Februari nanti. (000/adpsb/Busan)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait