Makan Kacang Setiap Hari Bisa Turunkan Risiko Depresi

Kacang untuk menurunkan depresi
Faktanya, konsumsi sekitar 30 gram kacang setiap hari dikaitkan dengan penurunan risiko depresi sebanyak 17 persen. (Foto: Canva/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Seperti yang diketahui, apa yang kita makan memengaruhi kesehatan, termasuk mental. Beberapa makanan berdampak buruk, sebagian lainnya berdampak positif. Salah satu yang dikenal positif adalah kacang.

Bacaan Lainnya

Kacang mengandung protein, serat, dan nutrisi yang bisa membuat Anda merasa lebih kenyang lama. Lewat penelitian terbaru menunjukkan bahwa konsumsi harian kacang bisa bantu menurunkan risiko terkena depresi.

Penasaran seperti studi makan kacang setiap hari bisa turunkan risiko depresi? Berikut simak penjelasan menganai manfaat kacang untuk menurunkan depresi.

  1. Studi kacang turunkan risiko depresi

Dalam jurnal Clinical Nutrition tahun 2023 menunjukkan dampak pola makan pada suasana hati. Faktanya, konsumsi sekitar 30 gram kacang setiap hari dikaitkan dengan penurunan risiko depresi sebanyak 17 persen.

Peneliti menganalisis data dari UK Biobank bahwa kesehatan dari sekitar setengah juta warga Inggris. Selain itu mereka juga memeriksa data dari sekitar 13 ribu orang dengan usia rata-rata 58 tahun antara 2007 dan 2020.

Dalam studi ini, peserta diberi kuesioner untuk mengukur asupan kacang sambil mencatat gejala depresi atau penggunaan antidepresan. Hasil menunjukkan bahwa peserta yang makan 30 gram kacang per hari memiliki penurunan risiko depresi.

Kacang yang dikonsumsi peserta dalam penelitian ini meliputi almond, kenari, kacang mete, hazelnut, pistachio, dan kacang brasil.

  1. Pola makan berperan dalam gangguan mood

Sejumlah penelitian menemukan bahwa pola makan tidak sehat alias konsumsi gula dan lemak jenuh terlalu tinggi mampu meningkatkan gangguan fungsi kognitif.

Beberapa kasus pola makan ini bisa memperburuk hingga menyebabkan gangguan mood, termasuk depresi. Sebuah penelitian dalam jurnal Nutrients tahun 2022 membandingkan diet Mediterania dengan diet khas Barat. Temuan menunjukkan bahwa diet Mediterania mengurangi risiko depresi, sedangkan diet Barat meningkatkan risiko depresi.

Nutrisi dalam kacang membantu tubuh mengelola stres dengan lebih baik, meningkatkan kesehatan usus, dan meningkatkan kesehatan otak.

Oleh sebab itu, makan kacang bisa bermanfaat untuk mencegah depresi.

  1. Nutrisi dari tiap kacang

Menurut laman Healthline, sejumlah nutrisi dalam kacang berperan dalam meningkatkan kesehatan mental dan fisik sebagai berikut.

  • Kenari – tinggi akan kandungan omega-3 yang berkaitan dengan pengendalian depresi.
  • Kacang mete – meringankan gejala depresi karena kandungan triptofannya yang tinggi.
  • Almond – kaya akan asam fenolik dan menunjukkan hasil untuk mengurangi gejala depresi.
  1. Tips atau strategi mengonsumsi kacang

Meskipun kacang kaya akan nutrisi, tapi kacang juga tinggi kalori. Satu kacang makadamia memiliki 18 kalori yang artinya jika dikonsumsi terlalu banyak dikhawatirkan akan memicu peningkatan berat badan.

Dilansir Cathe, strategi mengonsumsi kacang untuk mendapatkan manfaat kesehatan terbaik sebagai berikut.

  • Pilih kacang rendah kalori, seperti pistachio.
  • Beli kacang utuh dengan cangkang. Membeli kacang yang utuh dengan kulitnya membuat kacang tetap segar dan mempertahankan antioksidan alaminya. Hal ini bisa membuatmu bekerja lebih keras untuk memakannya, jadi Anda cenderung tidak terlalu banyak makan.
  • Beli kacang dalam keadaan mentah. Banyak kacang kemasan dilapisi perasa khusus atau dipanggang dengan madu. Banyak juga yang diberi tambahan gula dan garam, sehingga tidak sesehat kacang mentah.
  • Makan dengan salad. Tambahkan kacang cincang ke salad agar lebih maksimal.
  1. Ganti gaya hidup lebih sehat untuk mengurangi risiko depresi

Makan kacang setiap hari tidak cukup untuk mencegah dan mengelola depresi. Jadi, diperlukan banyak perubahan gaya hidup untuk membantu menurunkan risiko depresi. Melansir dari Medical News Today, ada beberapa strategi berikut untuk mengurangi gejala depresi sebagai berikut.

  • Menjauhi rokok.
  • Kurangi konsumsi alkohol yang terlalu berlebihan
  • Tingkatkan asupan buah dan sayuran setiap harinya
  • Tingkatkan aktivitas fisik
  • Tidur yang cukup

Jadi, asupan kacang harian memang mampu menurunkan risiko depresi, tapi perlu juga menjaga gaya dan pola hidup yang sehat. Itulah penjelasan mengenai manfaat kacang untuk menurunkan depresi. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait