Pemkab Padang Pariaman Selenggarakan Festival Gandang Tasa sebagai Upaya Menjaga Warisan Budaya

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur menutup kegiatan Festival Gandang Tasa sekaligus menyerahkan hadiah bagi para pemenang yang dilaksanakan di Korong Rawang, Nagari Tapakis, Kecamatan Ulakan Tapakis, Rabu (14/6/2023). (Foto: Pemkab Padang Pariaman/sumbarfokus.com)

PADANG PARIAMAN (SumbarFokus)

Mempertahankan kesenian tradisional merupakan salah satu visi dan misi Kabupaten Padang Pariaman yang telah tertuang dalam RPJMD.

Bacaan Lainnya

Hal ini diungkapkan oleh Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur saat menutup kegiatan Festival Gandang Tasa sekaligus menyerahkan hadiah bagi para pemenang yang dilaksanakan di Korong Rawang, Nagari Tapakis, Kecamatan Ulakan Tapakis, Rabu (14/6/2023).

Dalam arahannya, Bupati Suhatri Bur mengaku mendukung penuh pelaksanaan lomba gandang tasa ini. Menurutnya, kegiatan positif ini perlu terus dilestarikan sebagai upaya mempertahankan kesenian tradisional agar tidak hilang ditelan zaman.

“Ke depan kita berharap, akan banyak lahir generasi muda yang cinta budaya tradisional di tengah maraknya kebablasan teknologi. Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan masyarakat ini untuk melestarikan tradisi gandang tasa,” ungkapnya.

Ia juga menyebutkan, Tambua Tasa sudah masuk ke dalam salah satu kesenian tradisional non benda di tingkat Nasional. Dengan demikian, semua pihak harus ikut serta dalam melestarikan kesenian tradisional tersebut, terlebih generasi muda sebagai generasi penerus bangsa.

“Kalau bukan kita yang menjaga dan melestarikannya, tentu tradisi ini akan hilang ditelan zaman. Saya turut bangga kepada seluruh kepanitiaan yang terlibat dalam perlombaan ini dan masyarakat yang ikut menyukseskan. Terutama kepada para pemenang,” tuturnya. (000/ril)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait