Ini Empat Faktor Penyebab Mobil Mogok Saat Melewati Rel Kereta Api

Penyebab kendaraan mobil mogok
Kabel penghantar arus listrik menjadi penyebab pertama mobil mengalami mati mesin saat melewati rel kereta api. (Foto: Canva/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Banyak pengendara mobil saat melewati rel kereta api mengalami mogok di tengah-tengah jalan. Bahkan, sebagian menyebabkan terjadinya kecelakaan antara mobil dan kereta api.

Bacaan Lainnya

Hal itu sering terjadi pada mereka yang menerobos palang pintu rel kereta yang sudah menutup, atau di perlintasan kereta api yang tidak mempunyai palang pintu.

Lalu, apa yang menjadi penyebab kendaraan mobil mogok saat melintasi rel kereta api? Berikut penjelasannya.

  1. Akibat Medan Magnet dari Kabel Penghantar Arus Listrik

Kabel penghantar arus listrik menjadi penyebab pertama mobil mengalami mati mesin saat melewati rel kereta api.

Diketahui bahwa rel kereta api mempunyai emisi elektromagnetik. Selain itu, terdapat kabel penghantar arus yang terpasang di rel kereta api dan tidak kompatibel dengan mesin mobil.

Saat ada kereta yang akan melintas dengan jarak sekitar 600 meter, arus listrik yang terdapat di rel kereta akan menghantarkan medan magnet yang tinggi.

Medan magnet tersebutlah yang menjadi penyebab mesin berhenti berputar karena ECU yang menjadi penggerak mobil berhenti bekerja.

  1. Akibat Medan Magnet dari Lokomotif

Penyebab kedua mobil mengalami mogok di tengah rel kereta adalah karena medan magnet yang dihantarkan oleh dinamo lokomotif ke rel kereta.

Kondisi tersebut dapat terjadi bahkan dalam radius satu kilometer dari lokasi lokomotif berada. Hal itulah yang menjadi alasan palang pintu rel kereta tertutup meskipun kereta belum terlihat.

  1. Putaran Dinamo Mobil Mati

Mobil yang melaju di rel kereta dengan kecepatan rendah dan menggunakan gigi mesin di putaran rendah dapat menyebabkan dinamo serta koil bisa mati. Hal tersebut juga disebabkan oleh medan magnet yang terhantar melalui rel kereta.

  1. Kondisi Psikis Pengendara

Saat mobil mengalami mogok atau mati mesin di tengah rel kereta, kepanikan pasti akan dirasakan oleh pengendara.

Namun, hal itu juga menjadi salah satu faktor yang membuat pengendara sulit menyalakan atau menghidupkan kembali mesin mobil mereka. Maka dari itu, perlu ketenangan saat menghidupkan kembali mesin mobil dalam situasi tersebut.

Itulah penjelasan mengenai penyebab kendaraan mobil mogok saat melintasi rel kereta api. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait