Sah, Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar 2024 Dimulai!

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menyelenggarakan Peluncuran Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar 2024, di Auditorium Kampus Universitas PGRI Padang. (Foto: Ist/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Sabtu (18/5/2024), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menyelenggarakan Peluncuran Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar 2024, di Auditorium Kampus Universitas PGRI Padang. Pilgub 2024 ini mengusung tagline Pilkada Bermartabat Berarti untuk Negeri. Terlihat sangat ramai berbagai pihak pihak menghadiri kegiatan peluncuran, termasuk pelajar yang notabene merupakan pemilih pemula untuk Pilgub tahun ini.

Bacaan Lainnya

“Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 2 tahun 2024 tentang Jadwal dan Tahapan Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur, Bupati-Wakil Bupati, dan Wali Kota – Wakil Wali Kota, maka akan dilaksanakannya pemilihan gubernur dan wakil gubernur. Melihat antusiasme kehadiran Bapak dan Ibu, kami yakin akan bisa menyelesaikan tahapan ini lebih baik dari sebelumnya,” ujar Ketua KPU Sumbar Surya Eifitrimen.

Ketua juga berterima kasih pada seluruh stakeholder pemilu Sumbar, yang telah memberikan bantuan dan dukungan untuk pemilu legislatif kemarin. Menurutnya, pemilu 2024 di Sumbar kemarin terselenggara dengan sukses dan lancar. Kesuksesan ini menjadi pedoman bagi KPU Sumbar dalam melaksanakan tahapan Pilkada Serentak 2024.

Disebutkan juga, sebelumnya telah dilaksanakan Jambore Demokrasi Pelajar 2024. Dalam jambore tersebut, dilakukan zimulasi pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumbar, yang semuanya terlaksana dengan baik.

Di tempat yang sama, Komisioner KPU RI, Betty Epsilon Idroos, yang menyempatkan diri hadir langsung ke Padang untuk agenda peluncuran ini, menyatakan apresiasinya terhadap Sumbar, yang telah menjalankan pemilu 2024 dengan baik. Harapannya, pilkada esok bisa digelar lancar.

“KPU tidak bisa bekerja sendiri. Butuh semua stakeholder. Dibutuhkan komunitas, sinergitas, dan koordinasi untuk sukses pilgub sumbar 2024,” sebut mantan Ketua KPU DKI Jakarta periode 2018-2023 itu.

Mereka yang hadir dalam kegiatan peluncuran tersebut memang terlihat antusias dan sangat bersemangat. Terutama para pelajar, yang notabene kalangan generasi Z, tampak sangat khidmat saat menyanyikan lagu Indonesia Raya, memperlihatkan semangat nasionalisme mereka. Saat diwawancara, beberapa di antaranya menyatakan siap untuk mengikuti Pilkada 2024.

Seperti diakui oleh Radhi Taufiqurrahman dan Devin Adnan, pelajar dari SMA 3 Padang, yang hadir bersama 13 orang rekannya ke acara malam itu, mengakui bahwa terlibat dalam pilkada untuk melakukan pencoblosan adalah sangat penting.

“Satu suara kita itu sangat berpengaruh. Datang ke kegiatan ini juga merupakan edukasi buat kita. Jadi, besok kita bisa semangat untuk nyoblos, memilih pemimpin,” sebut Radhi.

Sementara Devin, rekan Radhi sesama pelajar kelas 11 di SMA 3 Padang, mengatakan bahwa sangat bersemangat untuk mengikuti Pilkada 2024 nanti.

Keduanya menyatakan bahwa sudah jadi harapan di kalangan pelajar, bahwa gubernur dan wakil gubernur yang terpilih nanti diharapakan adalah orang yang jujur, tidak banyak janji untuk masyarakat, dan memajukan Sumbar ke depannya.

“Kita akan pilih orang yang visi misi dan track recordnya bagus. Gen Z wajib ikut pemilu. Karena ini menentukan nasib negeri kita,” sebut Devin.

Dalam acara yang sekaligus juga peluncuran maskot Pilkada Sumbar resmi “Sicaro” ini, hadir berbagai stakeholder. Acara berlangsung sangat meriah dan bernuansa ceria serta modern, seperti nuansa gen Z, yang merupakan pemilih pemula harapan bangsa. (003)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait