Bupati Benny Utama Serahkan Bantuan Korban Angin Punting Beliung di Kecamatan Bonjol

Bupati Pasaman serahkan bantuan untuk korban terdampak angin puting beliung di Bonjol. (Foto: Ist.)

PASAMAN (SumbarFokus)

Bupati Pasaman Benny Utama sampaikan keprihatinan yang mendalam atas musibah angin puting beliung yang menimpa warga Kecamatan Bonjol.

Bacaan Lainnya

“Atas nama pemerintah daerah dan pribadi, saya menyatakan ikut berduka dan berharap masyarakat bersabar dalam menghadapi cobaan yang datang. Dan kita masih bersyukur, musibah tersebut tidak menimbulkan korban jiwa,” ujar Bupati

Hal itu disampaikan Bupati Benny Utama saat menyerahkan bantuan uang kepada para korban terdampak angin puting beliung di Kantor Camat Bonjol, Kamis (8/6/2023).

Akibat musibah tersebut, tercatat 14 rumah warga di Kenagarian Ganggo Hilia, Koto Kaciak, dan Nagari Limo Koto, mengalami kerusakan, mulai dari rusak berat, sedang dan rusak ringan, akibat tertimpa pohon yang tumbang, saat kejadian tanggal 8 Mei 2023 lalu.

Turut diingatkan Bupati, bahwa wilayah Kabupaten Pasaman merupakan daerah rawan bencana alam, terutama banjir, tanah longsor juga angin puting beliung.

“Tapi masyarakat tidak perlu takut, yang perlu diperhatikan adalah jangan bermukim di daerah aliran sungai atau di sepanjang bantaran sungai serta di daerah-daerah pinggir tebing. Dan yang lebih penting lagi, kita selalu mendekatkan diri kepada Allah agar dijauhkan dan terhindar dari segala mara bahaya,” pesan Benny.

Ketua Baznas Pasaman, Asnil, menambahkan, bantuan dari dana zakat yang disalurkan kepada korban bencana alam angiting beliung tersebut, berjumlah Rp 34 juta.

“Ada tiga jenis bantuan yang diserahkan Pak Bupati hari ini. Bagi rumah rusak berat dibantu Rp5 juta/KK untuk empat KK, sedangkan rusak sedang Rp.2 juta/KK untuk 4 KK dan masing-masing Rp1 juta untuk 6 KK yang rumahnya rusak ringan,” rinci Asnil.

Ditambahkannya, bantuan Baznas untuk korban bencana alam merupakan bagian dari Program Pasaman Peduli yang digagas Baznas Pasaman mulai tahun 2023 ini.

Acara penyerahan bantuan dihadiri lengkap 14 keluarga korban, Camat Bonjol dan Wali Nagari Ganggo Hilia, Koto Kaciak dan Wali Nagari Limo Koto. (016)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait