Contoh Penulisan Tanggal pada Surat Dinas yang Benar beserta Contohnya

Penjelasan penulisan tanggal surat
Penulisan tanggal surat yang baik dan benar diawali dengan menyertakan nama lokasi atau tempat penulisan surat terlebih dahulu. Barulah, kemudian memasukkan tanggal surat. (Foto: Pin/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Masih banyak sekali yang menulis tanggal surat dengan format yang keliru, padahal tanggal surat merupakan salah satu komponen penting ketika menulis surat dinas.

Bacaan Lainnya

Surat dinas merupakan surat resmi sehingga ketika membuat surat dinas harus menghindari atau nihil kesalahan. Surat digunakan sebagai alat komunikasi satu pihak dengan pihak lainnya. Simak penjelasan penulisan tanggal surat yang benar berikut ini.

Penulisan Tanggal Surat yang Benar

Saat ini surat menyurat masih menjadi keperluan umum, entah itu untuk keperluan pribadi maupun untuk keperluan pribadi.

Sehingga, menulis surat dengan baik dan benar merupakan sebuah ilmu yang wajib untuk Anda kuasai.

Meskipun semakin banyak komunikasi yang dilakukan melalui media elektronik seperti email, surat menyurat masih menjadi sarana komunikasi yang digunakan oleh instansi pemerintahan, bisnis, serta organisasi.

Surat memiliki nilai hukum dan dapat digunakan sebagai bukti tertulis dalam suatu perjanjian atau ketika melaksanakan transaksi bisnis.

Selain itu, surat juga dianggap lebih formal dan memerlukan proses penandatanganan yang menunjukkan keseriusan dan tanggung jawab dari pihak yang terlibat.

Di beberapa instansi, surat menyurat juga masih digunakan karena adanya peraturan atau kebijakan yang mewajibkan penggunaannya.

Misalnya, di beberapa lembaga pemerintah, surat menyurat masih digunakan ketika melakukan pengajuan atau permohonan yang harus dilakukan secara resmi.

Karena memiliki peran yang cukup penting, surat dinas harus dibuat dengan benar sesuai format dan tidak keliru.

Surat dinas yang tidak benar dapat menyebabkan kesalahan informasi, ketidakjelasan maksud,  bahkan bisa mengakibatkan pada keputusan yang salah.

Cara Penulisan Tanggal Pada Surat Dinas yang Benar

Penulisan tanggal surat yang baik dan benar diawali dengan menyertakan nama lokasi atau tempat penulisan surat terlebih dahulu. Barulah, kemudian memasukkan tanggal surat.

Tanggal surat diawali dengan waktu pembuatan, mulai dari tanggal, bulan, dan tahun. Baik itu surat formal dan nonformal memiliki letak penulisan tanggal yang berbeda-beda.

Penulisan tempat dan tanggal untuk surat pribadi maupun resmi berada di pojok kanan atas. Sementara untuk surat dinas dan niaga, penulisan tempat dan tanggal berada di bawah kop surat.

Contoh Penulisan Tanggal Surat Yang Benar dan Salah

  1. Makassar, 22 Februari 2023

Contoh di atas merupakan penulisan tanggal surat yang benar. Sebab lokasi penulisan surat diawali huruf kapital lalu diikuti tanda koma dan tanggal penulisan surat.

  1. Samarinda, 23 Februari 2023

Contoh kedua merupakan penulisan tanggal surat yang benar. Hal ini dikarenakan tanggal surat sesuai dengan format tempat, tanggal dan waktu pembuatan.

Baik itu surat pribadi dan surat resmi, biasanya tanggal surat ditulis di pojok kanan atas.

  1. Jakarta. 24 September 2023

Contoh ketiga merupakan tanggal penulisan surat yang salah. Mengapa demikian? Hal itu dikarenakan setelah lokasi harus diikuti tanda koma (,) bukan titik (.).

  1. Kota Surabaya, 26 Februari 2023

Penulisan tempat dan tanggal pada contoh di atas termasuk penulisan tanggal yang salah. Dalam penulisannya, Anda tidak perlu menuliskan “kota” dan langsung saja menuliskan nama kotanya, contoh “Surabaya”.

Itulah penjelasan penulisan tanggal surat yang benar. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait