Sampai Malam, Tim Monitoring Putung di Pariaman Terus Lakukan Pemantauan

Hari kedua tim monitoring pungut hitung yang dipimpin Vifner dan staf Bawaslu Sumbar Firmansyah, didampingi Kordiv Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kota Pariaman. (Foto: Bawaslu Sumbar/SumbarFokus.com)

PARIAMAN (SumbarFokus)

Hari kedua tim monitoring pungut hitung yang dipimpin Vifner dan staf Bawaslu Sumbar Firmansyah, didampingi Kordiv Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kota Pariaman Elmahmudi, melihat langsung ke lapangan untuk mengetahui perkembangan proses penghitungan suara, meskipun sampai malam.

Bacaan Lainnya
KPU Provinsi Sumatera Barat

Tim monitoring juga memastikan apakah berkas sudah sampai kecamatan atau belum.

“Kami dari Bawaslu Sumbar ingin melihat bagaimana proses penghitungan suara di sini, dan kami ingin melihat sudah sampai mana proses yang sudah dilalui. Kami akan kawal terus penghitungan suara ini, agar masyarakat tidak khawatir terhadap adanya kecurangan-kecurangan yang ditakutkan akan terjadi” terang Firman, mewakili Vifner, Kamis (15/2/2024).

Firman juga menambahkan, selama melakukan monitoring, Bawaslu belum menemukan kejanggalan di berbagai titik TPS di Kota Pariaman, bahkan semua tahapan pencoblosan sampai penghitungan berjalan sesuai aturan.

“Dari awal pencoblosan kemarin, kami di bawah komando komisioner Pak Vifner, belum melihat adanya kejanggalan serta pelanggaran di beberapa titik TPS yang kami tinjau, termasuk TPS khusus di Lapas, dan kita semua berharap, sampai penetapan nantinya semua berjalan baik tanpa ada kendala dan pelanggaran,” tambah Firman.

Hal senada juga disampaikan Komisioner Bawaslu Kota Pariaman, Elmahmudi, menjelaskan bahwa sampai hari kedua pelaksanaan, tidak ditemukan pelanggaran, dan semua hasil sudah dikumpulkan di gudang kecamatan.

“Untuk surat suara sudah diserahkan semuanya ke kecamatan, kami ada empat kecamatan, dan semua surat suara sudah berada di gudang kecamatan, kami akan memantau terus proses jalannya pemilu sampai tuntas, dan tadi konfirmasi dari PPK, mereka akan melakukan rekap data pada hari Sabtu (17/2/2024),”terang Elmahmudi.

Tim monitoring ke lokasi pengumpulan kotak suara pencoblosan juga didampingi tim KPU Kota Pariaman, sehingga mendapatkan berbagai keterangan yang dibutuhkan.

“Kita dari Bawaslu akan terus bergerak, memantau perkembangan yang terjadi, dan bagi masyarakat yang menemukan berbagai pelanggaran silahkan lapor ke Bawaslu dengan disertai bukti-bukti yang akurat,” tutup Firman. (000)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait