Tak Sampai Setengah Hari, Kepolisian Agam Ringkus Pencuri HP Warga

Jatanras Sat Reskrim Polres Agam berhasil menangkap pelaku pencurian ponsel milik warga yang dilaporkan hilang di sebuah rumah di Simpang Rajang Jorong Sikabu Nagari Kampung Tangah, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam. (Foto: ANIZUR/SumbarFokus.com)

AGAM (SumbarFokus)

Jatanras Sat Reskrim Polres Agam berhasil menangkap pelaku pencurian ponsel milik warga yang dilaporkan hilang di sebuah rumah di Simpang Rajang Jorong Sikabu Nagari Kampung Tangah, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam.

Bacaan Lainnya

Dalam penangkapan tersebut. petugas berhasil mengamankan satu orang tersangka berinisial SR alias Amaik, 37 tahun, warga IV Koto Aur Malintang Kabupaten Padang Pariaman, lengkap dengan barang bukti hasil kejahatan di tangannya.

Tim kupu-kupu Jatanras Polres Agam, yang dipimpin oleh Bripka Triyendi ini, mengungkap kasus pencurian tersebut kurang dari 12 jam setelah adanya laporan dari masyarakat.

Kapolres Agam AKBP Muhammad Agus Hidayat membenarkan penangkapan yang telah dilakukan anggotanya tersebut. Di ruang kerjanya, dia menjelaskan, petugas berhasil mengungkap kasus pencurian tersebut dengan menggunakan metode dasar penyelidikan tindak kriminal, Minggu (19/5/2024).

“Diawali dengan mengolah tempat kejadian perkara. Mencatat saksi-saksi, dan memeriksa CCTV yang terpasang dirumah korban, petugas kita akhirnya bisa mendapat titik terang untuk mengungkap kasus tersebut. Dan setelah petugas kita berhasil mengantongi identitas pelaku, petugas langsung bergerak melakukan penangkapan,” jelas dia.

Pelaku kemudian berhasil ditangkap dalam kurun waktu kurang dari 12 jam setelah kejadian.

Sementara, Kasat Reskrim Polres Agam AKP Efrian Mustaqim Batiti menambahkan, saat ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan terhadap pelaku untuk mengetahui motif pelaku dalam melakukan pencurian tersebut.

“Dari tangan pelaku, saat ini kita berhasil menyita barang bukti hasil kejahatan berupa satu unit Handphone merk OPPO A57, dan satu unit handphone merk SAMSUNG A54. Dan setelah kita konfirmasi kepada korban, kedua handphone tersebut adalah benar miliknya yang hilang pada tanggal 16 Mai 2024 kemarin,” terangnya.

“Saat ini, pelaku SR juga sudah ditahan di Rutan Mapolres agam. Atas perbuatannya, pelaku SR akan dijerat dengan pasal Pencurian dengan Pemberatan, sebagaimana diatur dalam pasal 363 KUHP, dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara. (007)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait