Masuk TO, Pengedar Sabu Berhasil Dibekuk Satuan Reserse Narkoba Polres Pasbar di Jorong Jambak

Tim opsnal Satuan Reserse Narkoba Polres Pasaman Barat, saat mengamankan pelaku di rumahnya yang berada di Jorong Jambak, Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo, Sabtu (24/2/2024) siang. (Foto: Polres Pasaman Barat/SumbarFokus.com)

PASAMAN BARAT (SumbarFokus)

Kepolisian Resor Pasaman Barat melalui Satuan Reserse Narkoba meringkus seorang pelaku yang diduga sebagai pengedar narkotika golongan I jenis sabu-sabu.

Bacaan Lainnya
KPU Provinsi Sumatera Barat

AZ (40), yang berhasil diringkus tim opsnal Satuan Reserse Narkoba Polres Pasaman Barat di Jorong Jambak Jalur III, Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo, Sabtu (24/2/2024), sekitar pukul 10.30 WIB.

“Benar, pelaku diringkus seiring laporan dan keresahan masyarakat bahwa adanya transaksi
narkotika jenis sabu-sabu disebuah rumah yang berada di Jorong Jambak, Nagari Koto Baru,” kata Kasat Resnarkoba AKP Eri Yanto, mewakili Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Tribawanto.

Dikatakan, menindaklanjuti laporan masyarakat, sekitar pukul 01.00 WIB dini hari, petugas langsung melakukan penyelidikan dan pengintaian disebuah rumah yang diduga sering dijadikan tempat transaksi narkoba jenis sabu-sabu.

“Setelah melakukan pengintaian dan penyelidikan, bahwa rumah tersebut merupakan milik pelaku, selanjutnya tepat pada pukul 10.30 WIB, petugas berhasil mengamankan seorang lelaki di rumah tersebut yang berinisial AZ,” ungkapnya.

Petugas langsung melakukan penggeledahan di rumah pelaku, yang disaksikan oleh Kepala Jorong dan tokoh masyarakat setempat, dan ditemukan empat paket kecil diduga berisi narkotika golongan I jenis sabu-sabu.

“Di hadapan petugas dan para saksi, pelaku mengakui bahwa barang haram tersebut adalah benar miliknya, yang akan diedarkan kepada pembeli,” terangnya.

Dijelaskan, dari tangan pelaku petugas menyita barang bukti berupa, empat paket kecil narkotika jenis sabu yang dibungkus dengan plastik klip warna bening, satu bungkus makanan merk Superco, satu buah sendok yang terbuat dari pipet plastik dan satu buah topi warna hitam merk Original.

“Pelaku ini sudah lama menjadi Target Operasi (TO) Satuan Resnarkoba Polres Pasaman Barat, dalam menjalankan aksinya, pelaku juga terlihat licin dan sering mengelabui petugas. namun kali ini pelaku tidak bisa mengelak sehingga petugas berhasil meringkusnya,” jelasnya.

Ditambahkan, petugas masih melakukan pengembangan terhadap kasus ini terkait orang yang memasok barang haram tersebut kepada pelaku. Saat ini, pelaku beserta barang bukti telah dibawa ke Mapolres Pasaman Barat guna kepentingan penyidikan lebih lanjut.

“Atas perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 114 ayat (1) Jo pasal 112 ayat (1) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman penjara maksimal 20 tahun dan denda maksimal 10 Milyar rupiah,” ucapnya.

Sementara, Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Tribawanto mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk dapat membantu dalam memberikan informasi dan melaporkan kepada pihak Kepolisian jika adanya penyalahgunaan atau peredaran gelap narkotika di lingkungan sekitar.

“Dalam hal ini, Polres Pasaman Barat telah membuka layanan pengaduan melalui aplikasi WhatsApp chat only “Hallo Pak Kapolres” di nomor 0882-27130-0033 dan juga nomor Hotline 110 untuk pengaduan dan respon cepat,” tuturnya. (018)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait